Cara Menghilangkan Jerawat Di Punggung

By | July 22, 2017

Mengenai masalah jerawat seakan tak ada habisnya sebab ada banyak masalah jerawat dan disebabkan faktor internal maupun eksternal. Jerawat seringkali muncul pada wajah, ada pula masalah jerawat yang muncul di leher, namun banyak pula orang yang mengalami masalah jerawat pada punggungnya. Jerawat di area punggung tentunya akan menjadikan seseorang mengalami dampak psikologis, dampak yang paling mencolok adalah menurunnya rasa percaya diri. Cara menghilangkan jerawat di punggung bisa menggunakan obat atau produk kimia. Lalu apa sajakah obat-obatan tersebut? Berikut adalah informasi lengkapnya.

cara menghilangkan jerawat punggung

  1. Produk sabun antibakteri

Cara menghilangkan jerawat di punggung dengan produk kimia yang pertama ialah gunakan sabun Antibakteri, terutama jika jerawat di punggung Anda tidak parah. Namun perhatikan sabun antibakteri yang dibeli, apakah mengandung benzoil peroksida atau pun asam salisilat? Dua kandungan tersebut akan bermanfaat untuk mengatasi jerawat di punggung. Benzoil peroksida bersifat anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan peradangan jerawat sekaligus membunuh bakteri yang sebabkan jerawat. Sedangkan asam salisilat mampu mempercepat pengeringan jerawat dan meregenerasi sel kulit baru.

  1. Antibiotic topical

Antibiotic topical merupakan cara menghilangkan jerawat di punggung dengan obat atau produk kimia yang selanjutnya. Antibiotic dapat berupa serbuk, gel, krim dan lotion, bisa dibeli di apotik, cukup ampuh dan cepat membunuh bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Antibiotic topical tidak terlalu mengiritasi kulit bahkan mengurangi kemerahan karena peradangan jerawat. Perlu diperhatikan bahwa sesudah jerawat teratasi, maka hentikan pemakaian obat ini sebab memungkinkan bakteri jadi kebal antibiotic ini.

  1. Retinoid

Salah satu cara menghilangkan jerawat di punggung dengan obat atau produk kimia yang selanjutnya ialah retinoid. Ini adalah obat dengan kandungan turunan Vitamin A dan berupa lotion, gel dan krim. Retinoid bermanfaat untuk menyingkirkan segala yang menyumbat pori-pori. Retinoid juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Pertama kali menggunakan retinoid, kemungkinan kulit Anda akan mengalami alergi, tetapi jangan hentikan pemakaian obat ini, sebaiknya gunakan 3 kali seminggu sampai kulit Anda jadi terbiasa dengan retinoid dan jangan menggunakan retinoid saat sedang hamil sebab memperbesar resiko bayi lahir cacat.

  1. Isotretinoin

Cara menghilangkan jerawat di punggung bila telah parah ialah menggunakan isotretinoin. Isotretinoin mampu mengontrol produksi minyak di kulit atau biasa juga disebut sebum. Isotretinoin ampuh membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat dan sifat anti-inflamasinya dapat menyembuhkan peradangan. Sebaiknya penggunaan obat ini berdasarkan resep dokter, sebab efek samping yang dapat timbulĀ  diantaranya radang mata, urine berdarah, penyakit ginjal atau pun liver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *