Cara Mudah Membuat Pattern atau Pola Kaos Raglan

By | October 6, 2017

Cara Mudah Membuat Pattern atau Pola Kaos Raglan

Cara mudah membuat pattern atau pola kaos raglan dapat Anda praktekkan untuk mendapatkan hasil yang bagus. Raglan itu sendiri sebenarnya adalah jenis lengan pakaian dengan ciri khas berupa adanya garis memanjang mulai dari garis leher sampai dengan lubang lengan terdalam yang terdapat pada bagian dekat ketiak.

Biasanya, pola raglan ini diaplikasikan oleh para desainer untuk membuat pakaian casual, seperti seragam olahraga, kaos santai atau pesan kaos olahraga lainnya. Sebelumnya, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa untuk membuat pola kaos raglan membutuhkan bahan dan alat – alat pendukung, seperti kain tekstil dengan panjang kurang lebih 1,5 meter, kertas, gunting, pola, mesin jahit, dan lain sebagainya.

Kaos raglan lengan panjang

Kaos raglan lengan panjang

Berikut ini akan dijelaskan secara ringkas cara mudah untuk membuat pola kaos raglan.

Prosedur Pembuatan Pola Kaos Raglan

Pertama kali, Anda harus mengetahui bentuk dan ukuran pakaian yang ingin dibuat. Kemudian Anda baru bisa membuat pola badan pada kertas pola sesuai bentuk dan ukuran tersebut. Pola badan yang Anda buat itu dapat digunakan untuk bagian depan atau belakang baju. Setelah selesai, Anda bisa lanjut ke bagian pola raglan.

Tidak jauh berbeda dengan pola badan, untuk membuat pola lengan raglan juga Anda harus melakukan pengukuran terlebih dahulu dan mendesain seperti apa lengan yang diinginkan. Apakah terdapat lipitan – lipitan di ujung lengan atau desain lainnya yang lebih menarik. Kemudian, setelah mendapat gambarannya Anda sudah bisa membuat pola lengan raglan di atas kertas pola.

Pola lengan raglan ini juga dapat digunakan untuk lengan kanan dan kiri. Setelah itu, Anda bisa menggunting bahan di atas kertas pola tersebut agar hasilnya sesuai dengan ukuran dan desain awal yang diharapkan. Lalu, tambahkan kampuh kurang lebih berukuran 1,5 cm di bagian luar garis penanda yang telah dibuat di awal.

Setelah semuanya selesai, Anda bisa menjahit satu per satu bagian lalu menyatukannya agar menjadi bentuk pakaian yang sesuai dengan rancangan Anda. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba sendiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *